Cara mendapatkan matched content dari google adsense

Sebagai publisher adsense tentu banyak yang berharap dan ingin tau bagaimana cara mendapatkan matched content/konten yang disesuaikan oleh google adsense, yang katanya kalau matched content itu diberikan oleh google kepada blog/situs yang traffik atau pengunjungnya spesial.

Hmmm... bener apa engga ya?

Sebelum kita lanjut ke bagaimana cara mendapatkan fitur khusus yang disebut matched content dari adsense, sebaiknya kita ketahui dulu, apa itu matched content?

Matched content adalah sebuah fitur artikel yang dirandom otomatis oleh google adsense, yang bentuknya menyerupai iklan adsense.

Seperti contoh salah satu blog yang saya kelola yaitu andre-share.biz, blog tersebut mendapat hadiah matched content dari google adsense, ketika baru berumur kurang lebih 1 bulan.

Cara mendapatkan matched content dari google adsense

Banyak yang bertanya ke saya, bagaimana sih caranya agar bisa mendapatkan matched content seperti diblog andre-share.biz itu?

Tidak ada cara atau trik khusus sebenarnya untuk bisa mendapatkan matched content, dan saya yakin semua publisher adsense bisa mendapatkannya asal punya kemauan.

Apakah untuk mendapatkan matched content blog harus memiliki traffik yang spesial dulu?

Jawabannya TIDAK. blog saya mendapatkan fitur itu ketika pageview hariannya hanya berkisar antara 4000-5000, kecuali hari sabtu dan minggu, terkadang tembus ke angka 20.000 pageview.

Lalu bagaimana cara mendapatkan matched content tersebut?

Jawabannya cukup membuat konten diatas 450 konten, apabila blog yang kontennya sudah diatas 450 konten, dan diblog tersebut memasang iklan adsense, maka google adsense akan memberikan perhatian khusus dengan memberikan fitur tambahan yang disebut matched content, atau konten yang disesuaikan.

Apakah dengan adanya macthed content penghasilan adsense jadi meningkat?

Jawabannya bisa iya bisa tidak, karena sebenarnya fitur matched content itu semata-mata diberikan oleh google adsense kepada publishernya yang serius dalam membuat konten, untuk mempromosikan kontennya kepada para pengunjung.

Dengan begitu, diharapkan pageview jadi bertambah, dan otomatis pendapatan adsense pun ikut bertambah.

Tetapi disamping keuntungan yang didapat dari memasang matched content adsense di blog, juga menimbulkan kerugian juga.

Kerugiannya apa?

Bagi yang pengunjung yang tidak tau, dan menganggap kalau matched content itu sama dengan iklan, maka mereka akan berhati-hati, malah sebagian orang yang anti iklan, akan menghindari untuk mengklik tautan di matched content itu.

Secara tidak langsung kita sebagai pemilik blog akan merasa sia-sia, konten yang diharap bisa memberikan solusi tentang apa yang dicari oleh pengunjung, malah dihindari karena itu dianggap iklan.

Jadi untuk memasang matched content adsense diblog sebaiknya oleh yang sudah mendapatkannya, diperhitungkan lagi keuntungan dan kerugiannya.

Kalau dirasa besar manfaat dan keuntungannya, silahkan pasang, tapi kalau hanya jadi pemborosan space laman, sebaiknya tidak usah dipasang.

Jadi jawaban dari pertanyaan teman-teman tentang bagaimana cara mendapatkan fitur matched content dari google adsense itu, jawabannya tiada lain adalah dengan terus membuat konten, sampai google merasa terpanggil untuk membantu publishernya dalam mempromosikan konten.

Update:  Ternyata konten berjumlah 200 konten pun masih berpeluang bisa mendapatkan fitur Matched Content dari google adsense.
Previous
Next Post »